BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Dewasa ini, di jaman yang modern dan
di jaman digital seperti sekarang ini, dimana internet sedang maju dengan pesat
pesatnya, bahkan sudah menjadi gaya hidup bagi sebagian penduduk di dunia. Hal
ini juga memberikan dampak pada pola hidup manusia sekarang ini, termasuk dalam
interaksi jual belinya. Saat ini ada satu tren yang sedang mengemuka di dunia,
bahkan di Indonesia, yakni belanja online, atau sering disebut online shop.
Berbagai macam barang bisa kita
dapatkan secara online. Dari baju, sepatu, tas, komputer dan
aksesorisnya, kosmetik sampai dengan perhiasan dan mobil, bisa kita beli secara
online melalui internet, hanya dengan melakukan sekali ‘klik’ saja.
Didukung dengan penggunaan internet
yang semakin mudah dan murah, serta di dukung dengan meningkatnya produktivitas
Home Industry, usaha jual-beli ini di anggap sangat menjanjikan.
Online Shop terhitung mudah di
jalankan, dan murah, karena tidak membutuhkan modal yang besar. Cukup hanya
dengan website toko kita, foto produk serta akses internet untuk
menjalankannya, bisnis online shop ini sudah dapat berjalan.
1.2 Rumusan Masalah
1. Apa pengertian Online Shop?
2. Apa kelebihan online shop?
3. Apa kekurangan online shop/
4. Bagaimana memastikan keaslian sebuah online shop?
1.3 Tujuan Penulisan
Tujuan penulisan makalah ini adalah
untuk mengetahui pengertian online shop, kelebihan serta kekurangannya, dan
cara memastikan keaslian sebuah online shop.
1.4 Metode Penulisan
Metode
penyusunan makalah ini menggunakan media internet.
BAB II
ISI
2.1 Pengertian Online Shop
Menurut Didit Agus Irwantoko,
belanja online (online shop) merupakan proses pembelian barang/jasa oleh
konsumen ke penjual realtime, tanpa pelayan, dan melalui internet. Toko virtual
ini mengubah paradigma proses membeli barang/jasa dibatasi oleh tembok, pengecer,
atau mall (Didit Agus Irwantoko,2012). Maksutnya, tak perlu harus bertemu
penjual/pembeli secara langsung, tak perlu menemukan wujud ‘pasar’ secara
fisik, namun hanya dengan menghadap layar monitor computer, dengan koneksi
internet tersambung, kita dapat melakukan transaksi jual/beli secara cepat dan
nyaman.
Hasil survey terakhir (December
2011) menunjukkan bahwa 36% dari seluruh transaksi perdagangan yang terjadi di
Indonesia di lakukan secara online atau online shop. Diperkirakan 80% dari
transaksi online tersebut ternyata dilakukan oleh bisnis online berskala Mikro
Kecil (UMK). Omzet dari bisnis
online berskala UMK ini mulai dari 2juta per bulan, hingga puluhan juta per
bulan, namun karena jumlahnya sangat banyak, maka omzet keseluruhan UMK online
mampu mencapai 80% dari keseluruhan transaksi online. (Bonafide Logo, 2012)
Survey
yang dapat menjadi tolok ukur untuk mengetahui kecenderungan konsumen dalam
berbelanja melalui online tersebut dilakukan di 25 negara dengan periode antara
5 Desember 2011 hingga 6 Februari 2012. Laporan untuk kawasan
Asia/Pasifik—Thailand, Cina, Jepang, Korea, Australia, Malaysia, Selandia Baru,
Taiwan, Vietnam, Hong Kong, Indonesia, Singapura, India, Filipina—juga
dilengkapi dengan wawancara mengenai perilaku berbelanja online terhadap 7.373
responden dari 14 negara—catatan: hasil survei dan laporan yang menyertainya
tidak mencerminkan kinerja keuangan MasterCard, (DuniaUKM, 2012).
Di
Indonesia sendiri, belanja online atau online shop mulai muncul sekitar tahun
2000 an, dan sekarang toko online sudah menjamur ada dimana mana. Apalagi
dengan adanya dukungan media jejaring sosial, seperti facebook, twitter, blog,
multiply, tumblr, yang dapat sangat berguna untuk mempromosikan produk yang
ingin di jual/di beli. Media sosial inilah merupakan salah satu media yang
membuat berbelanja online semakin mudah terjadi.
Pada
awal kemunculannya di Indonesia, berbelanja online hanya di gunakan oleh
masyarakat dari kalangan atas, karena berbelanja online membutuhkan komputer,
jaringan internet, dan kartu debet untuk melakukan transaksi jual/beli
tersebut. Namun seiring berjalannya waktu, dikarenakan oleh faktor
kenyamanan dan kecepatan, sekarang mulai dari ibu-ibu pejabat, sampai
mahasiswa/mahasiswi banyak yg memanfaatkan berbelanja dengan online.
2.2
Kelebihan Online Shop
Bisnis
Online yang mulai menjamur ini di anggap menjanjikan bagi beberapa pihak.
Keuntungan yang di hasilkan juga tak patut di pertanyakan lagi. Tak perlu
bermodal ‘toko’ secara fisik untuk mempromosikan barang yang di jual, kita
dapat mempromosikan lewat gambar yang selanjutnya di pajang di website atau
‘toko virtual’ milik kita melalui internet.
Tak
hanya memiliki kelebihan dalam segi kemudahan saja, dimana kita tingal meng
‘klik’ saja, menurut Iqbal Maulana, 2012, 7 alasan orang lebih memilih
melakukan belanja online atau online shop antara lain :
1.
Hemat Tenaga
Belanja
secara online juga dapat menghemat tenaga. Anda tak perlu repot mengantre di
kasir pembayaran. Belum lagi jika toko yang dikunjungi ramai pembeli, Anda juga
akan menunggu untuk dilayani oleh penjaga toko tersebut. Sedangkan jika belanja
melalui onlie, Anda bisa 'melayani diri sendiri' dengan cepat tanpa harus
menunggu waktu lama.
2. Mengurangi Rasa Lelah
Untuk pergi ke mal Anda membutuhkan tenaga ekstra untuk naik angkutan umum atau mengendarai kendaraan pribadi. Apabila Anda berbelanja secara online, Anda bisa berbelanja sambil duduk-duduk santai atau tiduran di atas tempat tidur. Bisa juga sambil menonton tv.
Untuk pergi ke mal Anda membutuhkan tenaga ekstra untuk naik angkutan umum atau mengendarai kendaraan pribadi. Apabila Anda berbelanja secara online, Anda bisa berbelanja sambil duduk-duduk santai atau tiduran di atas tempat tidur. Bisa juga sambil menonton tv.
3. Tidak Repot
Jika memang ingin berbelanja banyak, Anda tak perlu repot membawa kantong belanjaan yang menumpuk. Karena jika berbelanja melalui online, Anda hanya tinggal menunggu barang-barang yang dibeli dikirim ke rumah.
Jika memang ingin berbelanja banyak, Anda tak perlu repot membawa kantong belanjaan yang menumpuk. Karena jika berbelanja melalui online, Anda hanya tinggal menunggu barang-barang yang dibeli dikirim ke rumah.
4. Mudah Membandingkan Harga
Daripada menyusuri mal dari satu toko ke toko lainnya hanya untuk membandingkan harga baju yang diincar, lebih baik Anda membandingkannya melalui online shopping. Umumnya situs online shopping menjual barang yang sama dengan situs onle shopping lainnya, namun harganya bisa saja berbeda.
Daripada menyusuri mal dari satu toko ke toko lainnya hanya untuk membandingkan harga baju yang diincar, lebih baik Anda membandingkannya melalui online shopping. Umumnya situs online shopping menjual barang yang sama dengan situs onle shopping lainnya, namun harganya bisa saja berbeda.
5. Tidak bertatap muka.
Belanja
online juga memang di lakukan melalui internet , banyak orang yang memang
mencari online shop agar tidak bertatap muka kepada penjualnya, salah satunya
faktor malu , semisal saja Anda ingin membelikan istri Anda lingerie , pasti
Anda malu jika harus masuk ke yang jual lingerie di
pusat perbelanjaan bukan ?
6. Hemat Waktu
Belanja online juga dapat menghemat waktu Anda tanpa harus macet-macetan di jalan. Tentu saja Anda bisa berbelanja hanya dengan waktu beberapa menit. Sehingga waktu tak banyak terbuang dan masih bisa melakukan aktivitas lainnya.
Belanja online juga dapat menghemat waktu Anda tanpa harus macet-macetan di jalan. Tentu saja Anda bisa berbelanja hanya dengan waktu beberapa menit. Sehingga waktu tak banyak terbuang dan masih bisa melakukan aktivitas lainnya.
7. Nyaman
Kenyamanan juga menjadi salah satu faktor mengapa lebih baik belanja secara online. Anda bisa berbelanja kapan saja sesuka Anda, meskipun tengah malam sekalipun.
Kenyamanan juga menjadi salah satu faktor mengapa lebih baik belanja secara online. Anda bisa berbelanja kapan saja sesuka Anda, meskipun tengah malam sekalipun.
2.3 Kekurangan Online
Shop
Ada juga sebagian masyarakat yg
masih takut untuk melakukan belanja secara online. Sebagian orang takut untuk
membeli barang secara online karena menganggap barang yang hanya di lihat
secara gambar masih tidak cukup sebelum dilihatnya, serta diraba nya secara
langsung. Sebagian lagi beranggapan, jika hanya melihat gambar, dan mengira ira
wujudnya saja, bisa jadi barang yang di beli tidak sesuai dengan ekspektasi
atau bayangan kita. Atau lebih gamblangnya, mereka takut merasa kecewa atau di
kecewakan dengan barang yang di dapatkannya setelah melakukan transfer sejumlah
uang tertentu. Karena transaksi sebagian besar online shop, dilakukan dengan
cara mengirimkan sejumlah uang tertentu terlebih dulu kepada toko online, baru
barang di kirim. Walaupun masih banyak orang yang masih ragu dengan berbelanja
online (online shop), tetapi karena alasan kenyamanan, mereka yang memutuskan
untuk mencoba belanja online bertambah sangat cepat. Terlihat dari banyaknya
toko online di jejaring social media seperti facebook dan twitter.
2.4 Cara Memastikan
sebuah online shop
Saat ini pun masih banyak beredar
penipuan berkedok online shop alias online shop fiktif. Gambar, harga miring,
diskon besar besaran, komentar komentar positif yang tertera pada toko online
tersebut, belum bisa di jadikan jaminan yang cukup untuk kita mempercayainya.
Apalagi bagi kita yang masih ragu dengan belanja online (online shop) ini.
Berikut tips tips cara memastikan keaslian sebuah online shop menurut Ayu
Noor, 2011 :
1. Tanyakan kepada si admin, dimana
alamat toko tersebut. Jika diberikan alamat yang jelas coba lacak menggnakan
Google map, apakah alamat tersebut fiktif atau tidak.
2. Tanyakan
apabila toko tersebut lokasinya dekat, bisahkah COD (cash on delivery). Bila si
pemilik toko enggan melakukan transaksi COD, lebih baik tidak perlu ada
transaksi.
3. Bila lokasi jauh bisakah
transaksi menggunakan rekening bersama. Jika pemilik toko enggan menggunakan
rekber, dipastikan mereka takut. Karena bila menggunakan rekening bersama
otomatis keamanan uang Anda terjamin.
4. Coba cari nomer telepon
yang tertera di toko tersebut di Google. Biasanya dengan begitu Anda bisa
menemukan banyak komentar-komentar dari para pembeli yang sudah ditipu.
BAB
III
PENUTUP
3.1
Kesimpulan
Belanja online (online shop) merupakan proses
pembelian barang/jasa oleh konsumen ke penjual realtime, tanpa pelayan, dan
melalui internet.
Tak perlu harus bertemu
penjual/pembeli secara langsung, tak perlu menemukan wujud ‘pasar’ secara
fisik, namun hanya dengan menghadap layar monitor computer, dengan koneksi
internet tersambung, kita dapat melakukan transaksi jual/beli secara cepat dan
nyaman.
Tetapi, arang yang hanya di lihat
secara gambar masih tidak cukup sebelum dilihatnya, serta diraba nya secara
langsung. Sebagian lagi beranggapan, jika hanya melihat gambar, dan mengira ira
wujudnya saja, bisa jadi barang yang di beli tidak sesuai dengan ekspektasi
atau bayangan kita. Atau lebih gamblangnya, mereka takut merasa kecewa atau di
kecewakan dengan barang yang di dapatkannya setelah melakukan transfer sejumlah
uang tertentu. Karena transaksi sebagian besar online shop, dilakukan dengan
cara mengirimkan sejumlah uang tertentu terlebih dulu kepada toko online, baru
barang di kirim.
Saat ini pun masih banyak beredar
penipuan berkedok online shop alias online shop fiktif. Gambar, harga miring,
diskon besar besaran, komentar komentar positif yang tertera pada toko online
tersebut, belum bisa di jadikan jaminan yang cukup untuk kita mempercayainya.
1xbet korean | bet on sport in Kenya
BalasHapus1xbet korean is an online sports betting platform. Get the best odds with 1xbet, the best free bet offers 1xbet app and highest RTPs for most sports.
Seminole Hard Rock Hotel Casino & Spa - Mapyro
BalasHapusThe 150000-square-foot Seminole Hard 통영 출장샵 Rock Hotel & Casino 하남 출장안마 in Hollywood, FL features 진주 출장샵 1,800 slot machines, 110 경주 출장안마 table 통영 출장샵 games, and a 200,000 square foot casino